Engine APU
Auxiliary
Power Unit (APU) adalah sebuah perangkat pada kendaraan yang
menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. Mereka biasanya
ditemukan pada pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar.
Auxiliary
Power Unit (APU) adalah perangkat pada kendaraan yang menyediakan
energi untuk fungsi lain selain propulsi. APU biasanya dipasang pada
pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar. Pesawat APU umumnya
menghasilkan 115V pada 400 Hz (bukan 50/60 Hz pasokan listrik), untuk
menjalankan sistem listrik pesawat, selain itu dapat menghasilkan 28V
DC. APU juga dipasang pada kapal-kapal angkatan laut. APU dapat
memberikan listrik melalui sistem tunggal atau 3-fase.
Tujuan
utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting
engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan
rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat
engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distart oleh
sebuah motor listrik, sedangkan engineyang lebih besarbiasanya dimulai
oleh motor turbin udara.Sebelumengine bergerak, APU start, umumnya oleh
baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan
daya (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk
memulai engine utama pesawat.
APU pada Pesawat Komersil
Fungsi
Tujuan
utamadari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting
engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan
rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat
engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distarting oleh
sebuah motor listrik, sedangkan engine yang lebih besar biasanya
distarting oleh motor turbin udara. Sebelum engine bergerak, APU pada
umumnya distarting oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU
bergerak, APU memberikan daya (listrik, pneumatik, atau hidrolik,
tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat
APU
juga digunakan untuk menjalankan aksesori pesawat lainnya pada saat
engine mati. Hal ini memungkinkan kabin menjadi nyaman saat penumpang
naik pesawat sebelum engine dinyalakan. Listrik digunakan untuk
menjalankan sistem saat preflight check. Beberapa APU juga dikoneksikan
ke pompa hidrolik, memungkinkan kru mengoperasikan peralatan hidrolik
(seperti Flight control atau flaps) sebelum engine dinyalakan. Fungsi
ini dapat juga digunakan, pada beberapa pesawat, sebagai cadangan pada
saat terbang atau sistem hidrolik rusak.
APIC APS3200 APU for Airbus A318, A319, A320, and A321 |
Pesawat
dengan APU juga dapat menggunakan power listrik dan pneumatic dari
peralatan darat ketika APU rusak atau tidak dapat digunakan.
APU
dipasang pada pesawat extended-range twin-engine operations (ETOPS)
yang merupakan alat pengaman saat kondisi kritis, karena APU menyediakan
listrik cadangan dan tekanan udara pada engine yang mati atau generator
utama rusak. Sementara beberapaAPU mungkin tidak startable dalam
penerbangan, APUETOPS-compliant harus flight-startable pada ketinggian
sampai keservice ceiling. Aplikasiterbaru telah ditentukan mulai sampai
denganketinggian43.000kaki (13.000 m) dari kondisi
cold-soaklengkapseperti Hamilton Sundstrand APS5000 untuk Boeing 787
Dreamliner.JikaAPU atau generator listrik tidak tersedia, pesawat tidak
diperbolehkanuntuk penerbanganETOPS dan diharuskanuntuk mengambilrute
non-ETOPS.
APU
menghasilkan listrik 400 Hz lebih kecil dan lebih terang daripada 50/60
Hz counterpart, akan tetapi harganya lebih mahal; kelamahannya adalah
sistem, frekuensi tinggi menyebabkan tegangan menurun.
MAINTENANCE PRACTICE
PERHATIAN
JANGAN
SENTUH UNIT DAYA TAMBAHAN (APU) SAMPAI CUKUP DINGIN UNTUK MENCEGAH LUKA
BAKAR KETIKA ANDA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN. PASTIKAN BAHWA
PENGENCANG RILIS CEPAT TIGA PADA PINTU AKSES KIRI APU BENAR DISIMPAN.
INI MENCEGAH KERUSAKAN METERAI DI PINTU AKSES KIRI APU.
APU REMOVAL / INSTALLATION
PERINGATAN:
PASTIKAN
BAHWA ANDA MEMILIKI BENAR KEBAKARAN PERALATANYANG TERSEDIA. APAKAH
TIDAK MENYENTUH APU (TAMBAHAN DAYA UNIT) SAMPAI CUKUP DINGIN UNTUK
MENCEGAH LUKA BAKAR KETIKA ANDA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN (S).
MENGUNCI MEKANISME AKSES PINTU 316 AR (SEPERTI WAJIB) DENGAN PIP-PIN
SAAT ANDA MEMBUKA PINTU AKSES. DEPRESSURIZE HIJAU DAN KUNING SISTEM
HIDROLIK. TERBUKA, SAFETY DAN TAG SESUAI C/BS.
Catatan:
Sebelum penghapusan APU, pada terpusat kesalahan tampilan sistem (CFD),
melakukan GIGITAN tes APU dan merekam jam APU dan siklus. Setelah
instalasiAPU, berdarah garis bahan bakar APU sebelum Anda mulai APU
untuk mencegah panas mulai.
Komentar
Posting Komentar