Engine Operation Turbo Fan

Pada post kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem pengoperasian pada Turbofan. Apa sih turbo fan itu? pada post sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang berbagai macam jenis engine maka kali ini saya akan membahas cara kerja pada engine Turbofan.

Turbofan

pada engine turbo fan terdapat 5 jenis komponen utama yang membuat engine turbo fan itu sendiri bekerja yaitu:
  1. fan/Air Intake : pintu masuknya udara kedalam engine
  2.  Compressore : Mengubah udara bebas menjadi udara yang bertekanan dengan cara dikompres/memampatkan udara
  3. Combustion chamber : Tempat bercampurnya udara dan bahan bakar (fuel) lalu di beri percikan api oleh ignitor sehingga menghasilkan gas panas
  4.  Turbine : berfungsi untuk mengubah energi hasil pembakaran menjadi energi mekanikal
  5.  Exhaust : tempat pembuangan gas hasil sisa pembakaran
Prinsip kerja dari mesin turbofan adalah mengarahkan udara yang sudah di compressed menuju ruang pembakaran menggunakan compressor. Adapun cara kerja (Engine Operation) pada Engine Turbofan berikut ini :

  • Mula - mula, udara masuk melalui fan/air intake dan diarahkan lansung ke compressor
  • Di compressor, udara yang berkecepatan ( normal ) diubah menjadi udara yang bertekanan ( compressed ). Di compressor, udara melewati dua jenis compressor yaitu LPC ( low pressure compressor ) dan HPC ( high pressure compressor ). Compressor meneruskan udara menuju combustion chamber.
  •  Di Combustion Chamber, udara yang telah di compressed dibakar dengan fuel. Menghasilkan energi panas yang berupa gas.
  • Gas hasil pembakaran di combustion chamber diteruskan menuju turbine. Di turbine, energi panas tersebut diubah menjadi energi mekanikal, yang bertugas menggerakan compressor
  • Sedangkan gas hasil sisa pembakaran akan dibuang melalui exhaust nozzle dalam bentuk thrust.
Pada turbofan engine terdapat bypass ratio.Bypass ratio adalah  perbandingan antara udara yang masuk ke engine utama dan engine sekunder (bypass) dimana perbandingan udara yang masuk ke bypass dan engine utama lebih besar di bypass. contohnya engine CFM56-3 dimana perbandingan bypass rationya 5:1 artinya setiap 1 kg udara yang masuk ke engine utama maka 5kg udara akan masuk di bypass.

Nah, bagaimana sudah ada bayangan kan bagaimana Mesin Turbofan beroperasi. Buat AeronauticaLovers yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang Turbofan bisa download PDF-nya disini.


Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer